CARA PRESENTASI KARYA ILMIAH DENGAN BAIK

20.01


Hai sobat blogger semuanya, sudah lama saya tidak menulis nih di blog saya maklum kegiatan perkuliahan dan organisasi yang begitu padat sehingga waktu menulis di blog pun sedikit karena lebih banyak menulis di media dan tulisan-tulisan ringan untuk resume perkuliahan.
Oya sobat blogger semuanya! Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang aktivitas saya beberapa minggu yang lalu ketika saya berkesempatan ke Jakarta untuk mengikuti kegiatan call for paper communication days 7th di Universitas Budi Luhur Jakarta. Keberangkatan saya kali ini adalah sebagai perwakilan kampus saya di Aceh nama kampusnya memang belumlah terkenal seperti kampus-kampus di pulau jawa namun kampus ini memliki ciri khas sendiri yang sangat istimewa bagi saya sebab kampus ini adalah almamter tercinta (meski bukan cinta seperti pacaran), selain membawa nama Universitas, saya juga mewakili Aceh secara keseluruhan untuk dapat bersaing di tingkat nasional.
Langsung saja kepokok pembahasan, seperti judul yang tertera di atas, bagaimana mempresentasikan karya ilmiah dengan baik, disini saya ingin berbagi dengan sobat blogger semua ketika mempresentasikan karya kita dan berdasarka pengalaman-pengalaman pribadi ketika mempresentasikan ada hal-hal yang harus kita lakukan agar presentasi kita terlihat beda dari yang lain.
Apa sih perbedaan itu Alfian ????, mungkin sobat ingin tahu terus karna merasa penting J, nah ini dia :
1. 1.Presentasi = bukan membaca
Banyak orang beranggapan mempresentasikan karya kita kepada orang lain seperti mengungkapkan habis isi tulisan yang ada di karya ilmiah kita, itulah kesalahan fatal ketika kita mulai mempresentasi di hadapan juri ataupun audiens, mengapa? Menurut pemikiran saya orang akan jenuh untuk membaca semua tulisan yang ada pada slide sedangkan kita hanya membacanya saja jadi sama saja donk, mereka membaca kita juga membacanya lagi . Ingat, kita bukan sedang menagajari mereka tetapi kita memberikan hasil dan apa inti di karya ilmiah kita tersebut so, gak usah di baca tapi paparkan tulisan itu dengan pemikiran di dalam otak kita.

2  2.Berikan hal yang berbeda
Kebiasan mahasiswa sekarang dalam presentasi khususnya bagi “kaum-kaum” seperti saya yang belum lah berkembang dalam dunia IT untuk dapat menggunakan soft were tingkat istimewa dalam membuat slide biasayna hanya terpaku dengan slide-slide yang cendrung tidak menarik yang tampilannya itu-itu saja alias slide standard bawaan microsoft power point (bagi anda pengguna power poit baik ppt atau pptx), namun hal ini bukan lah masalahnya sobat sebab kita bisa mengubahnya dengan cara yang berbeda. Beda dari segi cara presentasi ya bukan slidenya, karena saya bukan ahli perancang soft were.
Bagaimana itu cara yang berbeda alfian?, gini sobat blogger kekita presentasi kita dimulai, pada awal pembukaan kita bisa bercerita terlebih dahulu, bahkan sobat juga bisa bernyayi dengan menggunakan gitar ketika, yang lebih keren lagi sobat juga bisa melakukan demo hasil karya dengan cara membuatnya seperti sebuah drama namun hal ini membutuhkan teman-teman anggot tim yang melakukannya sedangkan anda hanya sebagai presenter utama. Apa itu tidak berlebihan dan membuat aneh audiens dan juri?, tidak..percaya deh sama saya, saya sudah melihat dengan mata kepala saya sendiri malah temen-temen dari universitas diseluruh indonesia pada saat presentasi saat  Pimnas ke-25 di UMY Yogyakarta mereka bercerita layaknya tempat pentas drama dan bukan presentasi dan apa yang terjadi??? Diluar dugaan mereka menang J.
3. 3.Be your self
Nah ini point yang paling penting sobat, ketika anda melakukan presentasi di depan audiens anda harus menjadi diri sendiri dengan gaya anda sendiri dan cara anda sendiri, meskipun saya sudah bercerita dengan cara–cara yang di atas namun diri anda tidak bisa melakukannya maka langkah yang harus anda lakukan adalah jadilah diri sendiri. Sebab “kita adalah kita” dan “saya adalah saya” bukan wujud dari orang lain maka berikanlah hal yang terbaik bagi presentasi kita tersebut ok J.


Nah itu aja dulu sedikit informasi dari saya, oya pasti di benak sobat semuanya apakah saya memenagkan call for paper di Univ.Budi Luhur tersebut?? Dengan besar hati saya katakan “saya belumlah sempurna seperti mereka namun saya yakin suatu saat nanti akan menjadi yang terbaik dari pada mereka”. Ya intinya saya tidak menang hal ini disebabkan beberapa faktor salah satunya saya tidak ada persiapan untuk presentasi karena sebenarnya dalam fikiran saya sangat sulit mengumpulkan dana untuk pergi ke jakarta tanpa di tanggung akomodasi dari panitia penyelenggara dan dari universitas saya maklum Aceh-Jakarta sangat jauh dan memerlukan biaya mahal untuk kesana khususnya bagi kantong mahasiswa. Namun di luar dugaan atas izin yang kuasa saya diperkenankan juga untuk berngkat sebb di hari terakhir baru diberikan tiket pesawat untuk kesana dengan persiapan yang minim dan biaya yang minim.hehe.
Baik sobat blogger  ini saja dulu cerita singkat dan motivasi awal bagi kita semua semoga sobat blogger makin sukses ketika melakukan presentasi, saya yakin itu J.




You Might Also Like

4 komentar

  1. good job saudaraku, smoga bertemu lagi ditmpat yang berbeda dan amazing. Bek tuwo beuh, :)

    BalasHapus
  2. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi http://aikawafaith.blogspot.com/

    BalasHapus

Beri Komentar!