SeHAMA V KUNJUNGI KOMNAS HAM

00.30

Alfiandi (kiri), Nanang Suryana (kanan)

Jakarta - Puluhan mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang tergabung dalam SeHAMA (Sekolah Hak Asasi Manusia Untuk Mahasiswa) mengunjungi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM), (29/8/2013).
Acara yang difasilitasi oleh KontraS (Komisi Untuk Orang Hilang Dan Korban Tindak Kekerasan) Menarik  perhatian para peserta SeHAMA tersebut. Hal ini didasari dari KOMNAS HAM sebagai sebuah lembaga negara yang memiliki fungsi pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan dan mediasi hak asasi manusia dianggap masih memiliki kekuatan yang lemah dalam penyelesaian kasus pelanggaran HAM.
Nanang Suryana, mahasiswa Universitas Padjajaran Bandung menilai “Komnas HAM sebagai sebuah lembaga negara masih sangat lemah terhadap penuntasan kasus pelanggaran HAM. Peraturan perundang-undangan sudah seharusnya di revisi kembali untuk penguatan KOMNAS HAM sendiri yang tidak hanya pada tingkat penyelididikan tapi hinggga penyidikan dan penututan seperti KPK” ungkapya.
Diskusi yang berlangsung sangat interaktif tersebut juga ditanggapi oleh Alfiandi mahasiswa Universitas Malikussaleh Aceh. Dalam diskusi tersebut ia mempertanyakan tentang peranan Komnas HAM dalam penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat di Aceh. “Pasca konflik di Aceh, tingkat keberhasilan dari komnas ham untuk mengungkap kasus yang melanda Aceh masih belum memuaskan, seharusnya KOMNAS HAM lebih serius untuk menginvesitgasi pelanggaran HAM berat masa lalu di Aceh” tuturnya.
Dalam paparannya wakil ketua Komnas HAM Dianto Bahcriadi  mengaprsiasi kedatangan para peserta “Kedatangan para anak muda ini dari seluruh daerah sangat kami apresiasi. Berbagai pandangan yang diberikan bisa menjadi penguatan Komnas HAM kedepannya”  ungkap Dianto.
Selain mengunjungi Komnas HAM Para peserta SeHAMA tersebut juga mengunjugi Komnas Perempuan untuk berdiskusi teantang keberadaan Komnas Perempuan sebagai lembaga yang selalu melindungi hak-hak perempuan Indonesia.[]



You Might Also Like

0 komentar

Beri Komentar!